Code Sederhana HTML dan CSS - Blog Pelajar

Blog Pelajar

Materinya Para Pelajar

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 01 Oktober 2014

Code Sederhana HTML dan CSS


HTML
HTML digunakan untuk membangun suatu halaman web. Sekalipun banyak orang menyebutnya sebagai suatu bahasa pemrograman, HTML sama sekali bukan bahasa pemrograman, tapi  merupakan bahasa markup (penandaan), terhadap sebuah dokumen teks.
Simbol markup yang digunakan oleh HTML ditandai dengan tanda lebih kecil ( < ) dan tanda lebih besar ( > ) , dan disebut tag.
Struktur Dasar HTML
Sebuah file HTML merupakan file teks biasa yang mengandung tag-tag HTML. Karena merupakan file teks, maka HTML dapat dibuat dengan menggunakan teks editor yang sederhana, misalnya Notepad. Dapat juga menggunakan HTML editor yang bersifat Visual, misalnya Frontpage.
Untuk menandai bahwa sebuah file teks merupakan file HTML, maka ciri yang paling nampak jelas adalah ekstensi filenya, yaitu .htm atau .html.
gunakan notepad atau Notepad++ atau juga Gedit

gunakan notepad atau Notepad++ atau juga Gedit
contoh:

Simpan dengan nama coba.htm, pada bagian save as type ubah menjadi all files. Setelah disimpan, buka Mozilla Firefox, klik File > Open > browse (cari file coba.htm) > Open.
Bagian HEAD
Bagian Head sebenarnya tidak harus ada pada dokumen HTML, tetapi pemakaian head yang benar akan meningkatkan kegunaan suatu dokumen HTML. Isi bagian head – kecuali judul dokumen – tidak akan terlihat oleh pembaca dokumen tersebut.
Elemen-elemen pada bagian head akan mengerjakan tugas-tugas sebagai berikut :
• Menyediakan judul dokumen
• Menjembatani hubungan antar dokumen
• Memberitahu browser untuk membuat form pencarian
• Menyediakan metode untuk mengirim pesan ke tipe browser
Elemen yang mungkin terdapat pada bagian head :
• Tag , digunakan untuk memberi judul dokumen.</span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-top:0cm;margin-right:0cm;margin-bottom:0cm; margin-left:1.0cm;margin-bottom:.0001pt;text-align:justify;text-justify:inter-ideograph; line-height:normal"> <span lang="EN-US" style="font-size:12.0pt;font-family:"Book Antiqua","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-font-family:Calibri; mso-bidi-theme-font:minor-latin;mso-ansi-language:EN-US;mso-bidi-font-weight: bold">Penggunaannya adalah sebagai berikut :</span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-top:0cm;margin-right:0cm;margin-bottom:0cm; margin-left:1.0cm;margin-bottom:.0001pt;text-align:justify;text-justify:inter-ideograph; line-height:normal"> <span lang="EN-US" style="font-size:12.0pt;font-family:"Book Antiqua","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-font-family:Calibri; mso-bidi-theme-font:minor-latin;mso-ansi-language:EN-US;mso-bidi-font-weight: bold"><title> Judul
• Tag , digunakan untuk menentukan basis URL sebuah dokumen.
Penggunaannya adalah sebagai berikut berikut :
Contoh :
• Tag , digunakan untuk menunjukkan relasi antar dokumen HTML.



Bagian BODY
Bagian BODY merupakan isi dari dokumen HTML. Semua informasi yang akan ditampilkan, mulai dari teks, gambar, sound, dan lain-lain, akan ditempatkan di bagian ini. Seperti telah disebutkan di atas, bagian BODY diawali oleh tag dan ditutup .
ATRIBUT
FUNGSI
ALINK
Menentukan warna link aktif
BACKGROUND
Merujuk URL atau direktori dari file gambar yang digunakan sbg latar belakang
BGCOLOR
Menentukan warna latar belakang
BGPROPERTIES
Jika nilai atribut ini diisi “FIXED”, maka gambar latar belakang tidak ikut tergulung
LEFTMARGIN
Batas kiri dokumen
LINK
Menentukan warna link yang belum dikunjungi
TEXT
Menentukan warna teks
TOPMARGIN
Menentukan batas atas
VLINK
Menentukan warna link yang telah dikunjungi

contoh:



Tidak ada komentar:

add bot